- Back to Home »
- Pendahuluan
Posted by : Unknown
Selasa, 21 Oktober 2014
A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi dewasa ini telah mencapai tingkat yang sangat mengagumkan. Jarak dan waktu sekarang ini, bukan lagi menjadi masalah karena adanya bantuan dari teknologi yang ada. Perkembangan ini tidak saja terjadi di satu bidang, namun telah terjadi di semua segi kehidupan manusia. Diakui atau tidak pemenuhan kebutuhan teknologi untuk membantu aktivitas operasional organisasi tetap harus dilakukan. Pada dekade sekarang, pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak dapat dipungkiri dalam segmen bisnis dan pemerintahan. Teknologi informasi dan komunikasi menfasilitasi dan membentuk keseharian individu dengan menawarkan jasa seperti e-commerce, e-government, e-learning, e-health dan e-working.
Rekayasa
perangkat lunak pun ikut serta dalam perkembangan yang sangat pesat sejak
dikembangkan pertama kali pada tahun 1940-an hingga kini. Tidak dapat dihindari
pula dampak-dampak positif dan negatif dari perkembangan-perkembangan teknologi
yang sangat
pesat tersebut dan dapat pula berpengaruh sangat signifikan terhadap
pribadi maupun komunitas, dalam segala aktivitas, kehidupan, cara
kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir.
Oleh karena itu, pemanfaatan
perkembangan teknologi harus diperkenalkan kepada siswa/i maupun masyarakat
luas agar mereka mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk
bisa menerapkan dan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta
berbagai aspek kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu yang diperoleh dapat
dikembangkan menjadi kegiatan wirausaha.
B.
Tujuan
1.
Tujuan Pelaksanaan PSG
a. Agar siswa/i mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan
pelajaran yang didapatkan di Sekolah dan diterapkan pada dunia kerja.
b. Mendapatkan pengalaman bekerja di dunia kerja yang
sebenarnya.
c. Memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang di
miliki oleh siswa dalam dunia kerja.
d. Memberikan kesempatan kepada Siswa/i untuk beradaptasi dengan
suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja
mandiri terutama yang berkenan dengan disiplin kerja.
2.
Tujuan Pembuatan Laporan
a. Siswa/i mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan
pelajaran yang didapat di sekolah dan penerapannya di dunia kerja.
b. Siswa/i mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan
secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari buku laporan yang dibuatnya.
c. Siswa/i dapat memahami cara-cara pembuatan suatu laporan
Pendidikan Sistem Ganda.
d. Agar siswa/i dapat mencurahkan dan menuangkan pikiran serta
mengasah kemampuan berbahasa kedalam tulisan.
e. Mengumpulkan data guna kepentingan sekolah dan dirinya
sendiri.
f. Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan dapat
menunjang pengetahuan bagi siswa angkatan berikutnya.
g. Sebagai bukti nyata bahwa penulis telah melaksanakan
Pendidikan Sistem Ganda 2014.
C. Batasan Masalah
Batasan masalah untuk laporan ini adalah Manajemen Foto menggunakan sebuah media aplikasi berbasis online yaitu Jepret Cloud yang sebagaimana telah dipelajari selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di PT. Dycode Cominfotech Development, Bandung.
D.
Metode
1.
Metode Kepustakaan
Metode ini dilakukan dengan cara mencari
data dari
berbagai sumber tertulis
secara online maupun
tidak mengenai hal yang sesuai
dengan pekerjaan yang dilakukan.
2.
Metode Praktikum
Penulis
menjalani pelatihan (Training) dan
Persiapan (Briefing) terlebih dahulu sebelum terjun
langsung kedalam praktikum nyata.
3.
Metode Wawancara
Pada
metode ini penulis melakukan tanya jawab kepada pembimbing dan staff tentang
hal yang berkaitan dengan laporan.
E.
Manfaat Pendidikan Sisten Ganda
1.
Manfaat Bagi Siswa
a. Memberikan
kesadaran bahwa bekerja itu membutuhkan konsistensi dan tanggung jawab tinggi
b. Menerapkan
ilmu yang telah di dapat
c. Mendapat
pembelajaran tentang dunia kerja
d. Melatih
kemandirian dan kedisiplinan mentaati peraturan dan jam kerja
e. Meningkatkan
kreatifitas dan daya pikir yang sistematis
f. Bisa
melakukan komunikasi timbal balik antara dunia pendidikan dengan dunia industri
2.
Manfaat Bagi Dunia Industri (DUDI)
a. Instansi
dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berwawasan sesuai dengan akademi
praktek kerja di instansi tersebut.
b. Dapat
meningkatkan hubungan kemitraan dengan sekolah.