Posted by : Unknown Selasa, 21 Oktober 2014

A.    Latar Belakang

            Perkembangan teknologi dewasa ini telah mencapai tingkat yang sangat mengagumkan. Jarak dan waktu sekarang ini, bukan lagi menjadi masalah karena adanya bantuan dari teknologi yang ada. Perkembangan ini tidak saja terjadi di satu bidang, namun telah terjadi di semua segi kehidupan manusia. Diakui atau tidak pemenuhan kebutuhan teknologi untuk membantu aktivitas operasional organisasi tetap harus dilakukan. Pada dekade sekarang, pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak dapat dipungkiri dalam segmen bisnis dan pemerintahan. Teknologi informasi dan komunikasi menfasilitasi dan membentuk keseharian individu dengan menawarkan jasa seperti e-commerce, e-government, e-learning, e-health dan e-working.

       Rekayasa perangkat lunak pun ikut serta dalam perkembangan yang sangat pesat sejak dikembangkan pertama kali pada tahun 1940-an hingga kini. Tidak dapat dihindari pula dampak-dampak positif dan negatif dari perkembangan-perkembangan teknologi yang sangat pesat tersebut dan dapat pula berpengaruh sangat signifikan  terhadap pribadi maupun komunitas, dalam segala aktivitas,   kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir.
       Oleh karena itu, pemanfaatan perkembangan teknologi harus diperkenalkan kepada siswa/i maupun masyarakat luas agar mereka mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan dan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta berbagai aspek kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan menjadi kegiatan wirausaha.


B.     Tujuan

1.      Tujuan Pelaksanaan PSG

a.    Agar siswa/i mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan di Sekolah dan diterapkan pada dunia kerja.
b.    Mendapatkan pengalaman bekerja di dunia kerja yang sebenarnya.
c.    Memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang di miliki oleh siswa dalam dunia kerja.
d.   Memberikan kesempatan kepada Siswa/i untuk beradaptasi dengan suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenan dengan disiplin kerja.

2.      Tujuan Pembuatan Laporan

a.    Siswa/i mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat di sekolah dan penerapannya di dunia kerja.
b.    Siswa/i mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari buku laporan yang dibuatnya.
c.    Siswa/i dapat memahami cara-cara pembuatan suatu laporan Pendidikan Sistem Ganda.
d.   Agar siswa/i dapat mencurahkan dan menuangkan pikiran serta mengasah kemampuan berbahasa kedalam tulisan.
e.       Mengumpulkan data guna kepentingan sekolah dan dirinya sendiri.
f.       Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan dapat menunjang pengetahuan bagi siswa angkatan berikutnya.
g.      Sebagai bukti nyata bahwa penulis telah melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda 2014.

C.    Batasan Masalah

            Batasan masalah untuk laporan ini adalah Manajemen Foto menggunakan sebuah media aplikasi berbasis online yaitu Jepret Cloud yang sebagaimana telah dipelajari selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di PT. Dycode Cominfotech Development, Bandung.

D.    Metode

1.      Metode Kepustakaan

Metode ini dilakukan dengan cara mencari data dari berbagai sumber tertulis secara online maupun tidak mengenai hal yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

2.      Metode Praktikum

Penulis menjalani pelatihan (Training) dan Persiapan (Briefing) terlebih dahulu sebelum terjun langsung kedalam praktikum nyata.

3.      Metode Wawancara

Pada metode ini penulis melakukan tanya jawab kepada pembimbing dan staff tentang hal yang berkaitan dengan laporan.

E.     Manfaat Pendidikan Sisten Ganda

1.      Manfaat Bagi Siswa

a.       Memberikan kesadaran bahwa bekerja itu membutuhkan konsistensi dan tanggung jawab tinggi
b.      Menerapkan ilmu yang telah di dapat
c.       Mendapat pembelajaran tentang dunia kerja
d.      Melatih kemandirian dan kedisiplinan mentaati peraturan dan jam kerja
e.       Meningkatkan kreatifitas dan daya pikir yang sistematis
f.       Bisa melakukan komunikasi timbal balik antara dunia pendidikan dengan dunia industri

2.      Manfaat Bagi Dunia Industri (DUDI)

a.       Instansi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berwawasan sesuai dengan akademi praktek kerja di instansi tersebut.
b.      Dapat meningkatkan hubungan kemitraan dengan sekolah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

Pengunjung Ke

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Copyright © Putri Fanny -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan